Friday 8 July 2016

Macet Mudik

Status : Draft 

Berikut dicopas seadanya dari [1], status ini terkait tragedi di tol "Brexit".

Terkait ‪#‎macetmudik‬ selama mudik lebaran tahun ini, supaya jelas duduk soalnya, silakan ikuti kultwit dari Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid:
1- Macet parah selama mudik kemarin terus jadi pembicaraan panjang.
2 - Arahnya sudah mulai ada yang cari cari kambing hitam, dan menyeret ke isu politik.
3 - Saya coba urai duduk persoalannya supaya wacana yang berkmbang tetap proporsional menjadi solusi tepat #macetmudik
4 - Persoalan mudik bisa dipilah dalam tiga (3) isu: sarana-prasarana transportasi, infrastruktur jalan tol dan non tol, dan manajemen lalu lintas.
5 - Penyiapan prasarana transportasi menjadi kewenangan Kemenhub, seperta bandara, pelabuhan, stasiun.
6 - Sedangkan terminal bus saat ini masih menjadi kewenangan Pemprov, Pemkot, atau Pemkab sesuai semangat otonomi.
7 - Penyiapan sarana transprtasi umum seperti pesawat udara, kapal laut/penyeberangan, kereta api, dan bus AKAP juga kewenangan Kemenhub.
8 - Infrstruktur jalan tol-non tol kewenangn Kemen PUPR. Regulator jalan tol adalah Badan Pengatur Jalan Tol/BPJT di bawah Kemen PUPR.
9 - Manajemen lalu lintas menjadi kewenangan Korlantas Polri. Rekayasa arus, pengalihan, buka tutup, contra flow, dll.
10 - Maka dalam persiapan angkutan lebaran Kemenhub fokus menyiapkan sarana-prasarana transportasi umum semua moda untuk memastikan semua laik operasi.
11 - Sejak awal Juni 2016 Kemenhub melakukan pemeriksaan mnyeluruh semua sarana-prasarana transportasi umum yang digunakan untuk angkutan lebaran.
12 - Pesawat udara, kapal laut/penyeberangan, KA, bus AKAP untuk angkutan lebaran di-rampcheck satu persatu, tidak random/sampling.
13-Pemeriksaan juga terhadap awak transprtasi umum seperti pilot-kru kabin, awak kapal, masinis, sopir bus AKAP, tentang kesehatan dan narkoba.
14 - Target Kemenhub, pertama, tersedia angkutan umum semua moda yang cukup untuk tampung lonjakan jumlah pemudik. Kedua, pemudik mndapat layanan sesuai standar pelayanan minimum yg telah ditetapkan.
15 - Ketiga, terkait keselamatan, angkutan umum didorong untuk zero accident. Bukan zero macet karena soal macet ranah instansi lain.
16 - Dalam rapat rapat persiapan angkutan lebaran, soal kesiapan sarana prasarana yang bicara Kemenhub, infrastruktr tol-non tol yang bicara Kemen PUPR, lalin yang bicara Korlantas.
17 - Semua bekerja keras dan all out untuk kelancaran angkutan lebaran sesuai tupoksi masing-masing.
18 - Apakah kemacetan parah di jalan tol dan non tol Brebes sekitarnya tidak diantisipasi?
19 - Antisipasi sudah dilakukan maksimal, semua jurus rekayasa lalin sudah disiapkan dan dijalankan.
20 - Masalahnya ada gap besar antara kapasitas infrastruktur jalan tol-non tol dan ekspektasi tinggi publik terhadap tol baru.
21 - Exit tol Brebes Timur memang tidak didesain sebagai exit utama, tidak disiapkan menampung kendaraan dalam jumlah sangat besar.
22 - Di lapangan semua pihak all out brusaha memecahkan masalah. Keterlibatan polisi menembus macet untuk edarkan bbm kemasan salah satu contoh.
23 - Dengan persiapan yang lebih baik lagi, mudah-mudahan arus balik bisa tertangani lebih baik. #macetmudik

Referensi

  1. Macet Mudik 2016, https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=1948196435406799&id=1712596338966811

No comments:

Post a Comment